Aek Sipangolu Bakkara

Aek sipangolu terletak di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Baktiraja merupakan kecamatan yang cukup luas dan berada di pinggiran Danau Toba. Kemanapun kita melangkah dan memandang, Danau Toba yang luas dan biru adalah pemandangan setia.


"Berwisata sambil berdoa", merupakan kata yang tepat untuk tempat wisata di tanah Batak yang satu ini. Aek sipangolu atau Air Kehidupan diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Menurut Kepercayaan penduduk setempat, dengan berdoa sebelum meminum, mencuci muka, mandi atau melakukan ritual kecil di Aek Sipangolu, penyakit dalam tubuh akan terangkat dan hilang. Masalah akan berkurang dan kehidupan akan semakin membaik.



Sejarah
Aek sipangolu merupakan bagian dari perjalanan sejarah kerajaan Sisingamangaraja XII. Kabarnya, Aek sipangolu berasal dari bekas kaki Gajah Putih milik Raja Sisingamangaraja yang kehausan karena perjalanan panjang mereka dari Manduamas-Barus. Danau Toba yang jauh dikaki gunung yang terjal tidak dapat dijangkau, sehingga Raja Sisingamangaraja berdoa dan menacapkan tombaknya ke bekas pijakan kaki gajah putihnya. seketika, air keluar dan mengalir hingga saat ini. Awalnya dinamakan Binanga Bibir dalam bahasa Indonesia Telaga Bibir, Aek Sipaulak Hosa atau Air Pelepas Dahaga, dan saat ini Aek sipangolu atau Air Kehidupan ketika seorang lumpuh mandi dan dapat berjalan kembali.

Lalu mengapa Aek sipangolu di sebut sebagai air mata obat? Jadi, setelah air ini mengalir ada beberapa warga yang terkena sebuah penyakit. Kemudian, ada yang menyarankan untuk mandi di tempat sang raja meminum air tersebut.

Dengan sedikit berdoa, meminum, dan mandi disana penyakit beliau pun bisa sembuh dengan sendirinya. Begitu luar biasa memang sehingga pada tahun 1936, nama objek wisata ini yang semula adalah aek bibir diubah menjadi aek sipangolu.



Menariknya, pada saat musim kemarau Aek Sipangolu tidak akan pernah kering dan surut lho. Sehingga, kapan pun anda bisa mengunjungi tempat ini menikmati bagaimana keindahannya dan air terjunnya yang memang mengesankan hati.

Akses dan lokasi
Menuju ke objek wisata ini anda wajib menggunakan kendaraan pribadi. Lantaran, belum tersedianya transportasi umum yang mengantarkan anda menuju ke objek wisata ini.
  • Lokasi

Ayo berkunjung ke Aek Sipangolu dimana, kita akan melihat kesegaran abadi. Mitos yang berkembang memang menjadi salah satu daya tarik yang begitu sempurna. Jadi, jangan sampai anda ketinggalan setiap pesonanya ya. Jangan lupa untuk mengajak saudara sahabat, dan teman agar nama Aek Sipangolu semakin dikenal dan banyak yang mengunjunginya.
  • Dokumentasi foto 



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama