Museum Pusaka Nias

Musem Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias (MPN) adalah satu-satunya museum yang dapat kita temui di Pulau Nias. MPN berada di Jl. Yos Sudarso no. 134, berjarak sekitar 1 Km dari Pusat Kota. Museum ini memiliki koleksi ribuan benda purbakala dan artefak yang menjadi bukti peradaban Ono Niha (Suku Nias). Bila mengunjungi museum ini, wisatawan dapat melihat penampilan tarian dan atraksi alat musik tradisional Nias.

Museum Nias

Untuk yang datang berkunjung ke Kota Gunungsitoli, dapat mencapai tempat ini melalui dua pintu masuk utama yaitu Bandara Binaka dan Pelabuhan Laut Kota Gunungsitoli.
  • Cek Lokasi

Baca - Profil Yayasan Pusaka Nias

Awal Mula Berdirinya
Bicara tentang Museum Pusaka Nias memang tak mungkin dilepaskan dari nama Pastor Johannes Hammerle, seorang misionaris Gereja Katolik asal Jerman, yang bekerja di Pulau Nias sejak 1971. Karena sangat menghargai budaya Nias, mulai tahun 1972 beliau mengoleksi benda-benda budaya, seni dan sejarah masyarakat Nias dengan tujuan untuk menjaganya.

Singkat cerita, tahun 1990 beliau dipercaya dan didukung Dewan Ordonya yakni Ordo Kapusin Provinsi Sibolga untuk mendirikan Museum Pusaka Nias guna menyimpan benda-benda koleksinya tersebut. Dan pada 19 April 1991 Pastor Johannes mendirikan Yayasan Pusaka Nias sebagai badan hukum yang memayungi Museum Pusaka Nias. Setelah itu melalui SK Bupati Nias KDH Tingkat I, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Museum Pusaka Nias dikeluarkan tahun 1992.

Bangunan pertama Museum Pusaka Nias selesai tahun 1995, dan pertama kali tahun itu juga dibuka pameran temporer untuk umum. Bangunan yang sekarang ini dibangun tahun 2005, dan diperbaiki kembali karena terkena gempa besar tahun 2005. Pada 18 November 2008 baru diresmikan kembali.

Yayasan Pusaka Nias sebagai yayasan privat nonprofit tak hanya mengelola museum tapi juga menjalankan banyak program yang intinya membantu melestarikan budaya Nias, lewat riset, pelatihan, penerbitan buku atau artikel. Sampai saat ini mereka juga masih mengumpulkan artefak-artefak budaya Nias, juga membantu warga merestorasi rumah adat dan situs megalitik, dan tentunya mempromosikan wisata Nias.

Dokumentasi Foto








Pantai di Museum di Nias

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama