Air Terjun Ponot, Adiankoting

Air Terjun Ponot Adiankoting, terletak di salah satu desa yang berada di Kecamatan Adian Koting, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia.


Air terjun ini tingginya berkisar 30 meter dengan latar pepohonan masih asri.

Untuk menuju ke air terjun ini, memakan waktu berkisar 1 Jam dari kota Tarutung, dan sekitar 30 menit dari simpang Pagaran Pisang, Adiankoting.


Backpacker Genio
Jalan Menuju ke Air Terjun Ponot.

B
ila anda tertarik untuk berkunjung ke air terjun Ponot Adiankoting, disarankan dengan mengendarai sepeda motor. Sebab akses menuju ke lokasi, kondisi jalan masih setapak dan curam. Patotakan Lokasi Air Terjun Ponot, Adiankoting adalah "Seberang jalan HKBP Pagaran Pisang Adiankoting."

GALERI FOTO AIR TERJUN PONOT ADIANKOTING













TAPUT - Banyak potensi alam di Kabupaten Tapanuli Utara bisa dieksplor untuk dijual serta dikemas menjadi Ekowisata. Panorama yang masih asri dan belum tersentuh bisa jadi magnet atau tantangan tersendiri bagi petualang alam.

Hal inilah yang menginspirasi Kades Pagaran Pisang Robintua Sitompul yang coba menjual panorama Air Terjun Ponot.

Namun untuk melangkah kesana kondisi jalan masih setapak dan curam membuat Kades tersebut menganggarkan pembukaan jalan ke lokasi tersebut.

“Memang desa kita punya potensi air terjun yang bisa dijual dan tidak kalah dengan daerah lain. Namun memang kondisi jalan belum layak, masih setapak," kata Robintua Sitompul, Jumat (11/10/2019).

Oleh karena itu, Dana Desa tahun ini digelontorkan membuka jalan usaha tani sekaligus menuju lokasi air terjun Ponot.

“Ada kurang lebih 2 kilometer hingga kelokasi itu yang akan kita buka dengan menggunakan alat berat. Air terjun itu berada dekat Dusun Pagaran Pisang yang dihuni 130 Kepala Keluarga," terangnya.

Tentunya kata dia, pembukaan jalan tersebut pastinya akan bisa mensejahterakan masyarakat setempat.

“Jika itu telah dibuka, dan kita siapkan BUMDes wisata, warga setempat akan terberdayakan yakni melalui penjualan makanan, jasa foto bahkan juga kita buat retribusi masuk ke lokasi tersebut," tambahnya.

Namun sebelum menuju kesana, Robintua akan membenahi serta memperindah lokasi sekitaran air terjun.

"Air terjun itu tingginya 30 meter dengan latar pepohonan masih asri, jika kita kemas dan jual melalui BUMDes pasti akan bisa mensejahterakan warga kita," kata dia.

sumber:https://palapapos.co.id/listing/view/6727/24/air-terjun-ponot-desa-pagaran-pisang-disiapkan-jadi-bumdes-wisata

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama