Pantai Bosur | Pantai Indah Pandan

Pantai Bosur Sibolga

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi kola berwisata ke Kota Pandan Tapanuli Tengah adalah pantai Bosur, pantai yang sengaja dibangun untuk objek wisata pantai, dilengkapi dengan taman bermain anak, tempat duduk pantai serta pedagang jajanan, tempat ini juga sudah sangat lengkap dengan fasilitas umum lainnya. Di pantai ini pengunjung dapat menikmati indahnya sunset dikala sore sambil menikmati minuman dan makanan yang anda sukai.Pantai Bosur dahulunya bernama Pantai Kahona, tetapi sekarang telah berganti menjadi Pantai Bosur. Nama Bosur itu sendiri diambil dari singkatan nama Bupati dan Wakil bupati Tapanuli Tengah yaitu Bonaran dan Sukran.

  • Galeri Foto

Pantai Bosur, 17 Februari 2019






Fasilitas yang sudah cukup memadai inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang selain dari keindahan pantai pasir putih dan lout biru Pantai Bosur ini. Dari pusat Kota Sibolga, Pantai Bosur ini dapat ditempuh dengan lama waktu perjalanan 40 menit dan dari wisata Pantai Pandan dapat ditempuh dengan lama waktu 15 menit.

  • Lokasi Pantai Bosur

  • UPDATE
Pantai Bosur Resmi Berubah Nama Menjadi Pantai Indah Pandan 
"sumber https://www.tapteng.go.id/"

Pandan - Menindaklanjuti surat permohonan dan aspirasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat tentang penggantian nama Pantai Bosur yang berada di Kelurahan Mangga Dua Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam hal ini Bupati Tapanuli Tengah telah menetapkan Keputusan Bupati Nomor 1523/HKM/2019 Tanggal 31 Juli 2019 tentang Perubahan dan Penetapan Nama Pantai Bosur Menjadi Pantai Indah Pandan. Hal itu disampaikan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani melalui Kepala Bagian Hukum dan Ortala Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah (Setda Kab. Tapteng) Ismet, SH di Ruang Kejanya, Rabu (31/07/2019).

Berkenaan dengan hal itu, salah seorang Tokoh Masyarakat Syafrudin Pohan yang juga Ketua LPM Kelurahan Mangga Dua Kecamatan Pandan dan beberapa masyarakat lainnya menyambut baik keputusan tersebut. Syafrudin dan masyarakat menuturkan penggantian nama Pantai Bosur itu sangat wajar dan harus sesegera mungkin dilakukan dikarenakan nama Pantai Bosur lebih mengutamakan kepentingan salah satu individu saja dan tidak mencerminkan serta mengutamakan kepentingan nama dan ciri khas daerah tersebut.

Hal senada juga dipertegas oleh M. Ismet, SH bahwa Keputusan Bupati mengenai perubahan nama Pantai Bosur menjadi Pantai Indah Pandan sudah melalui prosedur dan kajian yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Dengan ditetapkannya Keputusan Bupati tersebut maka sejak tanggal 31 Juli 2019 resmilah Pantai Bosur berganti nama menjadi Pantai Indah Pandan," pungkasnya.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama