Bukit Lawang

Bukit Lawang merupakan tempat wisata alam di kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tempat yang terkenal dengan arus sungainya yang deras dan jernih dan tempat pengamatan Orang utan Sumatera semi-liar di kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser. Orangutan Sumatra (Pongo abelii) adalah salah satu dari dua spesies orangutan di Indonesia dan hanya dapat ditemukan di pulau Sumatera.

Bukit Lawang
Jembatan - Bukit Lawang

Taman Nasional Gunung Leuser yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis adalah kawasan pelestarian alam Indonesia yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera. Bukit Lawang menjadi destinasi menarik bagi turis mancanegara, tidak heran Anda akan banyak menemui turis asing “Bule” disana.

Menuju Bukit Lawang


Makan Pisang
di Bukit Lawang

Bukit Lawang terletak sekitar 120 km dari kota medan, dapat ditempuh menggunakan bus antarkota sekitar 3-4 jam perjalanan dari pusat kota. Anda dapat menggunakan bus antarkota dengan rute dari pusat kota, naik angkot atau betor dan turun di terminal bus Pinang Baris, kemudian dari terminal naik bus jurusan Bukit Lawang. Bus ke Bukit Lawang tersedia dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB. Kemudian turun di terminal bus Gotong Royong di Bukit Lawang. Pintu masuk Bukit Lawang berjarak sekitar satu kilometer dari terminal bus Gotong Royong. Anda dapat menggunakan jasa betor dengan kisaran biaya Rp.5000, atau jalan kaki saja.


Sungai Leuser - Bukit Lawang
Sungai Leuser - Bukit Lawang

Bukit Lawang terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan karena terletak di kaki gunung Leuser. Jika kita menyebut kata gunung Leuser, pasti yang ada di benak kita adalah primata lucu bernama orang utan. Benar, di sanaTerdapat pemandangan hutan beserta penghuninya yang elok, wisata Tubing, pusat rehabilitasi orang utan, dan flora dan fauna yang menarik lainnya. Namun orang utan adalah salah satu ikon utama di Bukit Lawang. Pusat rehabilitasi orang utan berlokasi di Taman Nasional Gunung Leuser. Tingkah laku primata yang satu ini mampu menarik wisatawan lokal maupun asing untuk mengunjungi taman tersebut, sehingga taman tersebut ramai pengunjung tiap tahunnya.

Galeri Foto di Bukit Lawang

Panduan Taman Nasional Gunung Leuser
Gbr.1 Gunung Leuser National Park


Panduan Taman Nasional Gunung Leuser
Gbr.2 Gunung Leuser National Park


Huba


Laban


Penginapan di Bukit Lawang
+ Bonus di Bawah ini.

Bonus 1 Kopi Hitam
Bonus 1
Kopi Hitam

Bonus 2 Teh Manis
Bonus 2
Teh Manis


Cara menuju lokasi

Dari Medan - Lapangan Merdeka naik angkot 64 ke terminal Pinang Baris, tarifnya Rp. 5000, kemudian dari terminal naik bus Pembangunan Semesta menuju Bukit Lawang, tarifnya Rp. 10.000. Dari terminal Bukit Lawang naik betor ke kawasan wisata, tarifnya Rp. 2000.
sumber http://medan.panduanwisata.id

  • Peta dan Alamat Bukit Lawang, Bohorok.

Artikel terkait daerah Sumatera Utara baca disini atau di bawah ini.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama