Pantai Indah Tureloto, Nias Utara

Pantai Indah Tureloto, Nias Utara

Pantai Tureloto, terletak di Desa Balofadorotuho Kecamatan Lahewa, Nias Utara, Pulau Nias, Sumatera Utara. Pantai ini berjarak sejauh 63 km dari pusat Kota Gunungsitoli, bisa ditempuh berkendara selama 2,5 jam. Tiket masuk belum diberlakukan alias gratis.
  • Lokasi petunjuk arah

Keunikan laut di Pantai Tureloto ini seperti di Laut Mati. Kandungan garam yang tinggi membuat siapapun yang berenang di sana tak akan tenggelam.




Pantai di laut ini bisa di sebut Laut Mati karena kadar garamnya tinggi sekali. Di permukaan dapat melihat karang karang yang kasar. Namun bawah laut, kita dapat menikmati terumbu karang yang indah dengan biota karang yang banyak, dan saat ini sudah mulai banyak terumbu karang yang terlihat mulai tumbuh.


Pantai dengan laut biru yang menghadap ke Samudera Hindia ini memiliki hamparan karang yang luas. Dahulu Tureloto juga memilki hamparan pasir putih, namun akibat surutnya air laut karena gempa tahun 2005 yang menimpa Aceh, Nias terkena dampaknya yang menyebabkan batuan karang naik ke permukaan.


Tak hanya itu saja, hamparan karang ini bisa kamu temukan di bibir pantai juga. Deretan karang tersebut seolah membentengi lautan dari ombak besar, sehingga membentuk seperti danau atau kolam alam.


Bentuk karangnya juga unik. Salah satunya berbentuk lingkaran seperti otak manusia yang terlihat menonjol, sehingga masyarakat menyebutnya dengan batu otak.

Yuk, menjelajahi pulau Nias ^^
  • Beberapa foto dokumentasi di Pantai Indah Tureloto













Santai sejenak menikmati pemandangan
Pantai Indah Tureloto

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama