Air Terjun Cibeureum (Curug) Pondok Halimun - Sukabumi

Pondok Halimun atau yang biasa disebut PH adalah salah satu objek wisata alam yang ada di Kabupaten Sukabumi. Objek wisata ini terletak di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 1000 m dpl. Jaraknya sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Sukabumi melalui Jalan Suryakencana hingga Jalan Selabintana. Lalu nanti kita akan melihat plang bertuliskan “Pondok Halimun” untuk belok ke kiri. Untuk menuju ke objek wisata ini kita dapat menaiki angkutan kota (angkot) yang berwarna merah dengan nomor trayek 10. Bila tidak menggunakan angkutan umum kita juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor ataupun mobil pribadi, bahkan bus pariwisata sekalipun. Dari belokan tadi perjalanan masih akan berlanjut sekitar 4 km lagi. Jalan yang dilalui terbilang sempit karena hanya untuk 2 jalur saja. Selain itu kita harus berhati-hati karena jalan masih kurang bagus dan terdapat banyak jalan berlubang.

Selamat datang di Pondok Halimun
Selamat datang
di Pondok Halimun

Sesampainya di pintu masuk atau pintu pembayaran, kita diharuskan untuk membayar biaya masuk sebesar Rp3.000,00 untuk pejalan kaki, Rp8.000,00 untuk sepeda motor, Rp18.000,00 untuk mobil pribadi, dan Rp135.000,00 untuk bus. Memang terbilang cukup mahal, tapi setelah melewati pintu tersebut dengan tetap melajukan kendaraan, rasa kecewa kita bisa terobati dengan melihat pemandangan perkebunan teh milik PT.Perkebunan Nusantara VIII Kebun Goalpara Afdeling Perbawati. Ditambah lagi suhu pegunungan yang sejuk dapat me-refresh-kan pikiran kita. Kita pun dapat menghentikan kendaraan sejenak untuk melihat pemandangan Kota Sukabumi yang memang jelas terlihat dari sana. Kali ini saya akan membahas Air Terjun Cibeureum yang berada di Pondok Halimun tersebut.

Curug Pondok Halimun - Sukabumi

Curug Cibeureum ini memiliki ketinggian terjunan air 54 meter dan berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP), dengan ketinggian sekitar 1050 meter dari permukaan laut (dpl).







Selamat datang di Pondok Halimun
WaterMan
Curug Pondok Halimun - Sukabumi

Lokasi
Terletak di kawasan wisata alam ”Pondok Halimun/PH” di hulu Sungai Cipelang, tepatnya di Desa Perbawati dan Desa Sundajaya Girang Kecamatan Karawang, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS: 6° 50' 22.46" S 106° 57' 27.82" E

Dokumentasi Fotonya







WaterMan






Fasilitas dan Akomodasi
Dikawasan Pondok halimun tersedia camping groundcamping ground di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Selain itu dikawasan ini juga tersedia satu bungalow bernama Pondok Kaliage yang disewakan Rp 200 ribu per malam.

Juga tersedia warung-warung berjulan makanan seperti mie rebus, minuman hangat kopi, bandrek, jagung bakar bahkan adapula yang menjual cinderamata. Warung-warung ini buka setiap hari dari 05.00 hingga pukul 02.00 WIB. Bahkan jika akhir pekan, bisa buka 24 jam. seluas lima ha. Lahan itu merupakan satu dari enam. Sekian...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama